Home Sitemap About Contact Disclaimer Privacy Policy

Tanda Sinusitis

Tanda Sinusitis, cermat dan waspadalah karena gejala dan tandanya akan mirip dengan pilek biasa. Tanda Sinusitis besar kemungkinan terjadi pada anda, bila (yang dianggap pilek?) tersebut ternyata tidak hilang dalam seminggu, juga lendir yang keluar lebih banyak dan tidak biasa seperti pilek pada umumnya, maka kemungkinan besar itu adalah karena infeksi sinus, yaitu rongga tulang yang berada di sekitar hidung.

Infeksi sinus bisa karena bermacam sebab, antara lain karena bakteri, virus atau jamur. Sebagian besar dari kasus sinusitis akan berlangsung dalam waktu relatif singkat, tetapi sepertiga lainnya bisa menjadi lebih parah, terjadi berulangkali dan kronis. Kenali keluarnya lendir dari hidung dan kemungkinan karena gejala/tanda-tanda sinusitis berikut ini untuk tindakan lebih lanjut.

Tanda-tanda Sinusitis

1. Keluar cairan (ingus) kental dari hidung
Seperti mirip pilek, tanda-tanda Sinusitis yang utama adalah keluarnya lendir (ingus) kental yang berwarna hijau atau kekuningan.

2. Hidung menjadi bengkak
Seperti halnya pada pilek atau flu, tanda Sinusitis juga salah satunya adalah hidung yang bengkak. Pembengkakan terjadi karena bakteri yang berkembang dalam rongga sinus. Tetapi pada penyakit sunisitis, pembengkakan hidung berlangsung lebih lama.

3. Bau mulut dan napas tidak sedap
Bau mulut disertai napas yang kurang sedap juga menjadi tanda sinusitis. Ini terjadi karena adanya akumulasi lendir yang terdapat pada rongga sinus, sekitar hidung dan turun di tenggorokan. Organisme yang menyerang rongga sinus memproduksi buangan dan menyebabkan napas serta mulut berbau tidak sedap.

4. Batuk yang berdahak
Batuk berdahak juga menyertai adanya gejala dan tanda sinusitis. tetapi pada infeksi sinus, batuk berlangsung lebih lama, dan biasanya batuk akan terasa lebih parah saat pagi dan malam hari. Pada waktu tersebut, sinus melepaskan lendir yang mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan batuk disertai dahak.

5. Timbul demam
Demam akan timbul pada gejala dan tanda sinusitis, hal ini karena sistem imun dalam tuuh sedang bekerja, tetapi tidak terlalu tinggi. Demam yang tidak terlalu tinggi ini juga menandakan bahwa infeksi sinus telah berlangsung lama.

6. Ada rasa nyeri dan berat di wajah
Timbul rasa tidak nyaman, seperti wajah yang tertekan beban dan nyeri. Ini karena adanya lendir yang menyumbat rongga sinus, dan menimbulkan rasa nyeri juga wajah seperti menahan beban.

7. Mata berair dan penciuman berkurang
Seperti halnya flu, infeksi sinus juga menyebabkan indera penciuman kurang berfungsi bahkan tidak berfungsi sementara disertai mata yang berair.

Itulah beberapa gejala dan tanda sinusitis, sangat mirip dengan flu biasa. Untuk memastikannya, ketika anda merasa flu dan tidak sembuh-sembuh juga, periksakan ke dokter, mungkin ini gejala sinusitis. Disarankan untuk membaca referensi dari sumber lain tentang gejala dan tanda sinusitis ini.




0 comments :

Post a Comment

Home About Me Contact Sitemap Privacy Policy Disclaimer