Home Sitemap About Contact Disclaimer Privacy Policy

Manfaat Buah Sirsak

Khasiat dan manfaat buah sirsak tidak diragukan lagi baik untuk menjaga atau obat penyakit tertentu. Berikut ulasan menarik manfaat buah sirsak yang pasti tidak ingin anda lewatkan. Buah sirsak atau bahasa latinya "Annona muricata L" adalah buah yang berasal dari Karibia Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini dapat tumbuh di hampir seluruh Indonesia dan masyarakat menyebutnya dengan nangka sebrang, nangka landa (di Jawa), srikaya jawa (di Bali), nangka walanda, sirsak (di Sunda), nangka buris (di Madura), deureuyan belanda (di Aceh), durio ulondro (di Nias), durian betawi (di Minangkabau), dan lain sebagainya. Asal nama sirsak dari bahasa belanda yaitu "zuurzak" yang artinya kantong asam. Awal mula masuknya buah sirsak dibawa oleh kolonial Belanda pada abad 19 dan berkembang sampai sekarang.

Manfaat Buah Sirsak


Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, buah sirsak terdiri dari 67,5% merupakan daging buah, 20% merupakan kulit, 8,5% biji dan 4% batang buah. Dan semuanya sangatlah bermanfat bagi tubuh dan dapat digunakan sebagai kesehatan, berikut manfaat buah sirsak berdasarkan kandungannya.

1. Vitamin C
[imagetag] Manfaat Buah Sirsak
Vitamin C adalah vitamin yang sangat mendominasi buah sirsak, tanpa penelitian dapat diketahui karena rasanya yang masam. Namun dalam penelitian menyebutkan sebanyak 20 mg per 100 gram daging buah semuanya merupakan vitamin c. Kandungan vitamin ini dapat digunakan sebagai peningkatan daya tahan tubuh dan peroses awet muda, sebab kandungan antioksidan dalam vitamin  cukup tinggi. Dalam tubuh manusia dibutuhkan sedikitnya 60mg vitamin C setiap hari sehingga dukup mengonsumsi 300gram buah sirsak, kebutuhan vitamin C terpenuhi.

2. Mineral
Buah Sirsak terdapat banyak mineral, namun mineral ini lebih dominan pada fosfor dan kalsium sebasar 27 dan 14 mg/100 g. Bagi kesehatan kandungan ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuat tulang sehingga menghambat osteoporosis.

3. Karbohidrat
Selain air terdapat juga karbohidrat dalam sirsak. Karbohidrat tersebut berjenis gula pereduksi atau glukosa dan fruktosa berkadar 81,9 – 93,6 persen dari jumlah total gula.

4.Kandungan lemak
Lemak yang terdapat pada buah sirsak sebesar 0,3 g/100 g. Dalam jumlah kandungan buah sirsak yang sedikit tentunya sangat baik bagi kesehatan.

5. Natrium dan Kalium
Dalam buah juga terdapat natrium (sodium) sebesar 14 mg/100 g dan kalium (potasium) yang cukup tinggi 278 mg/l00 g sehingga manfaat buah sirsak dapat mencegahan penyakit hipertensi.

6. Kaya akan serat
Dalam buah sirsak terdapat banyak serat diantaranya:
- Serat pangan (dietary fiber) sebanyak 3,3g/ 100 g. Sehingga mengkonsumsi buah sebanyak 100g dapat menggantikan serat pangan sebanyak 13% perharinya,
- Senyawa fitokimia, senyawa ini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti; batu empedu, asam urat, sembelit (susah uang air besar), dan menambah nafsu makan. 

7. Sari Buah
Manfaat buah sirsak dapat juga digunakan dibuat jus untuk diambil sari buahnya. Sari buah ini dapat digunakan sebagai meningkatkan selera makan yang biasa terjadi pada anak-anak. Dan mengobati pinggang pegal dan nyeri, penyakit wasir, dan lain sebagainya.

Itulah kandungan yang bermanfaat dari buah sirsak, untuk daunnya anda bisa baca di Manfaat Daun Sirsak. Semoga artikel tentang manfaat buah sirsak ini bisa menjadi referensi untuk anda.




0 comments :

Post a Comment

Home About Me Contact Sitemap Privacy Policy Disclaimer