Home Sitemap About Contact Disclaimer Privacy Policy


Gejala Demam Berdarah, Penyebab dan Pencegahan | Info Penyakit

Apa gejala demam berdarah yang perlu kita ketahui. Untuk langkah antisipasi dini dan melakukan tindakan secepatnya, gejala demam berdarah mungkin akan sangat perlu untuk kita ketahui. Penyakit demam berdarah adalah jenis penyakit demam yang bisa terjadi dengan tiba-tiba disebabkan oleh jenis virus dengue. Virus masuk ke dalam aliran darah lewat perantaraan gigitan nyamuk Aedes aegypti, biasanya jenis nyamuk ini banyak ada di rumah dan sering menggigit pada siang hari. Kita bisa mudah mengenalinya, salah satunya dengan ciri kaki nyamuk belang putih hitam. 

Penyakit demam berdarah biasanya akan sering terjadi pada saat musim penghujan, dan pada daerah yang mempunyai iklim tropis atau subtropis dimana ada suasana yang lembab. Resiko lebih besar terjadinya penyakit demam berdarah pada wanita atau pada anak yang berumur dibawah 12 tahun, tetapi ini bisa terjadi pada semua umur dan jenis kelamin.

gejala demam berdarah gambar nyamuk aedes aegypti
Ada empat jenis virus penyebab demam berdarah yang masuk dalam famili Flaviviridae yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Bila seseorang pernah mengalami demam berdarah, yang disebabkan oleh salah satu dari 4 jenis virus tersebut, maka orang tersebut akan memiliki kekebalan seumur hidup terhadap infeksi oleh jenis virus yang sama. Tetapi bila kemudian terjadi infeksi oleh virus penyebab demam berdarah jenis lainnya, seseorang masih bisa terserang penyakit ini. Seringkali terjadi, sistem kekebalan tubuh yang muncul setelah terjadi infeksi virus penyebab demam berdarah kemudian akan menambah berat ketika terjadi serangan kedua dari jenis virus yang berbeda diantara keempat jenis virus penyebab demam berdarah tersebut.

Gejala Demam Berdarah

Salah satu ciri khas dari penyakit demam berdarah adalah munculnya bintik-bintik kecil (akibat perdarahan) pada kulit, bisa juga terjadi pada konjungtiva (daerah mata) atau pada farings (ini merupakan rongga diantara mulut dan tenggorokan). Beberapa gejala demam berdarah lainnya yang perlu kita waspadai antara lain adalah:

1. Tubuh secara mendadak demam disertai dengan sakit kepala.
2. Terasa nyeri pada bagian belakang mata, juga pada otot serta tulang.
3. Muncul ruam atau bintik-bintik kemerahan pada kulit, atau pada konjungtiva dan farings.

Pencegahan Demam Berdarah

Hingga sekarang belum dketemukan jenis vaksin tertentu atau obat-obatan untuk mencegah terjadinya inveksi oleh virus penyebab demam berdarah. Langkah pencegahan paling efektif untuk menanggulangi penyakit demam berdarah adalah dengan menghindari tergigit nyamuk aedes aegypti. 

Salah satu cara yang bisa dengan mudah kita lakukan adalah dengan menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak memberi kesempatan nyamuk untuk berkembang dan menyebarkan penyakit. Beberapa langkah pencegahan demam berdarah untuk dirumah bisa dilakukan dengan cara:

* Selalu membersihkan atau menguras bak penampungan air atau bak mandi paling sedikit seminggu sekali.
* Bila ada vas bunga yang terisi air, ini juga harus sering kita bersihkan.
* Mengubur kaleng bekas, atau benda lain di sekitar rumah yang sekiranya bisa menampung air sehingga memungkinkan nyamuk untuk bersarang.

Semoga dengan mengetahui penyebab dan gejala demam berdarah kita lebih waspada serta bisa melakukan langkah pencegahan, semoga anda beserta keluarga selalu diberi kesehatan.




0 comments :

Post a Comment

Home About Me Contact Sitemap Privacy Policy Disclaimer